31 January 2009

Tunas Muda dihukum

Mogok Tunas Muda Berbuah Sanksi

BLORA – Aksi mogok yang dilakukan pemain Tunas Muda Jepon di pertandingan babak perempat final Liga PSSI Blora (LPB), Selasa (27/1) membuahkan hukuman. Komisi Disiplin (Komdis) PSSI Blora menjatuhkan sanksi berupa larangan bagi Tunas Muda mengikuti kompetisi selama satu musim kompetisi 2009. Bukan hanya itu, komdis juga memutuskan kapten Tunas Muda, Sukisno dan pelatih Sugiyanto diskorsing selama satu tahun. Keduanya dinilai sebagai pihak yang bertanggungjawab terkait aksi pemogokan bertanding. ‘’Keputusan komdis bersifat mengikat dan harus dilaksanakan semua pihak,’’ ujar Ketua Komdis, Sumarlan kemarin.
Dia menuturkan ada satu orang lagi offisial Tunas Muda, Untoro, yang seharusnya bertanggungjawab atas aksi pemogokan. Hanya komdis urung memberikan hukuman karena tidak cukup bukti. ‘’Yang bersangkutan tidak hadir di lapangan ketika Tunas Muda bertanding melawan Cahaya Laut meski berdasarkan informasi yang kami terima dia ikut andil dalam pemogokan,’’ katanya.
Kepada pihak yang dihukum, komdis memberikan kesempatan untuk banding selama dua pekan setelah putusan ditetapkan per tanggal 28 Januari.
Selain memberikan hukuman kepada klub, kapten dan pelatih Tunas Muda, kata Sumarlan komdis juga merekomendasikan wasit Sutarno dikembalikan ke komisi wasit untuk mendapatkan peringatan dan pembinaan. Wasit tersebut dibebaskan dari penugasan. Kepada panitia pelaksana, wajib memperbaiki dan melengkapi sarana pertandingan. Atas kecerobohan itu, komdis mengenakan denda sebesar Rp 2 juta kepada panitia. ‘’Denda tersebut wajib disetor ke pengurus PSSI Blora,’’ tandas Sumarlan.
Dihubungi terpisah, pelatih Tunas Muda Sugiyanto menyatakan akan banding. Hanya dia menyayangkan komdis tidak melakukan klarifikasi kepada dirinya sebelum memberikan keputusan. ‘’Semestinya saya ditanyai dulu. Tapi ternyata tidak. Kami akan banding,’’ ujarnya.
Sebagaimana diberitakan pertandingan terakhir babak perempat final antara Tunas Muda Jepon melawan Cahaya Laut Ngawen diwarnai aksi walk out (WO) para pemain Tunas Muda. Itu terjadi setelah Sukisno dan kawan-kawan tidak mau melanjutkan pertandingan karena wasit Sutarno (Cepu) tetap menganulir gol yang dicetak melalui tendangan bebas salah seorang pemain Tunas Muda, Suyatno. Bola yang ditendang Suyatno menjebol jaring di sisi kiri gawang Cahaya Laut yang dijaga Tulus Sapmoko. Tunas Muda akhirnya dinyatakan kalah dengan skor 1-4 (1-1). Tambahan tiga gol sebagai hukuman karena kesebelasan yang diarsiteki mantan pelatih Persikaba Sugiyanto itu tidak mau melanjutkan laga. (H18)

No comments: