25 May 2008

Cadangan draw


UJUNG TOMBAK : Yuli Harmoko menyumbangkan satu gol bagi Persikaba ketika bermain imbang 1-1 melawan kesebelasan Subur Jaya.

Penampilan Pemain Cadangan Kurang Greget
*1-1 Lawan Subur Jaya

BLORA- Entah karena mengangap enteng lawan yang dihadapi atau lantaran kemampuannya terbatas. Dua pertanyaan itu patut diajukan setelah melihat pertandingan ujicoba antara Persikaba melawan klub lokal Blora, Subur Jaya yang berlangsung di Stadion Kridosono, Sabtu (24/5). Menurunkan mayoritas pemain cadangan, tim berjuluk Laskar Sunan Pojok itu hanya mampu bermain imbang 1-1.
Greget pertandingan hanya nampak di babak pertama. Persikaba langsung menggebrak dengan permainan menyerang begitu wasit Supriyanto meniupkan peluit tanda pertandingan dimulai. Upaya itu pun membuahkan hasil. Persikaba unggul cepat di menit ke-3 melalui gol yang dicetak Yuli Harmoko. Namun dua belas menit kemudian, Subur Jaya yang juga kesebelasan peraih juara pertama Liga Pengcab PSSI Blora 2007 menyamakan skor 1-1 setelah pemainnya Ibnu menyarangkan bola ke gawang lawan.
‘’Permainan anak-anak tidak bagus. Tidak ada greget,’’ ujar Pelatih Persikaba, Brendi
Dalam pertandingan tersebut, pelatih Persikaba memainkan penuh playmaker Yulian Kusuma. Itu berbeda ketika Laskar Sunan Pojok tampil di pertandingan resmi Kompetisi Divisi II 2008 ataupun dalam laga ujicoba menghadapi sejumlah kesebelasan. Kala itu Yulian Kusuma biasanya dimasukan beberapa menit menjelang pertandingan usai. Tampaknya, pelatih ingin melihat stamina mantan pemain Timnas U-21 itu jika dimainkan selama 90 menit. Meski belum memberikan kontribusi nyata bagi kemenangan timnya, namun Yulian tampil cukup baik. Dia berulang kali memberikan umpan matang kepada para pemain depan. Tapi belum nampak dominasi pemain kelahiran Bekasi tersebut dalam mengatur serangan maupun bertahan.
Acungan jempol justru patut diberikan pada para pemain Subur Jaya. Ibnu dan kawan-kawan tidak silau dengan nama besar Persikaba. Mereka berupaya mengimbangi gaya permainan lawan yang dihadapi. Hasilnya pun cukup memuaskan. Subur Jaya mampu menahan imbang Persikaba hingga pertandingan usai.
Humas Persikaba Ahmad Zaidun beralasan ujicoba bukan untuk mencari kemenangan. Dia berujar latih tanding bertujuan guna mengetahui kemampuan individu pemain serta kerjasama antarpemain. Menurutnya pembenahan kelemahan yang masih diperagakan pemain dalam ujicoba akan terus dilakukan di latihan resmi. ‘’Dari segi kemampuan, sebenarnya para pemain cadangan tidak kalah dengan pemain inti. Masak, Yulian Kusuma kemampuannya jelek,’’ ujarnya.
Zaidun mengatakan satu hal yang seharusnya diterpatri dalam diri pemain Persikaba adalah jangan pernah menganggap remeh lawan yang dihadapi. Sebab itu akan menjadi bumerang bagi tim. ‘’Pemain harus merasa lawan yang dihadapi mempunyai peluang sama meraih kemenangan. Kami mendapat pelajaran berharga dari ujicoba itu, terutama dari sisi mental pemain,’’ tandasnya. (H18)

No comments: