10 May 2008

Menang Ujicoba Akhir


PENCETAK GOL : Eko Sukarianto (kiri) berupaya melewati penjagaan pemain Persikaba All Star Panti Siswanto dalam laga ujicoba di Stadion Kridosono, Jumat (9/5). Mantan Pemain Persela Lamongan U-23 itu menyumbang satu dari tiga gol kemenangan Persikaba.


Persikaba Lemah Di Penyelesaian Akhir

BLORA – Duet pelatih Persikaba Blora, Brendy dan Sugiyanto mempunyai pekerjaan rumah yang harus diselesaikan sebelum anak asuhnya bertanding menghadapi Persem Mojokerto di laga pembuka Kompetisi Divisi II, Sabtu (17/5). Selain perlu memperbaiki skema penyerangan para pemainnya, duet pelatih yang pernah membawa Laskar Sunan Pojok lolos dari Divisi III ke Divisi II di tahun 2006 itu masih harus mengasah penyelesaian akhir ujung tombak maupun second striker.
Lemahnya penyelesaian akhir tampak jelas ketika Agus Sujono Robert dan kawan-kawan bertanding melawan Persikaba All Star dalam laga ujicoba di Stadion Kridosono, Jumat (9/5). Meski berhasil menang dengan skor 3-0 (2-0), namun penampilan Persikaba belum memuaskan. Beberapa peluang yang semestinya 95 % berbuah gol, terbuang percuma. Bahkan dalam pertandingan yang disaksikan Bupati RM Yudhi Sancoyo dan Ketua DPRD HM Warsit, barisan pertahanan Persikaba yang digalang Frian Eko Yuwono sempat dibuat kedodoran dengan serangan Suwito dan kawan-kawan di menit 65. Beruntung striker Cetek Widiyarto tak bisa menjebol gawang yang dijaga Erick Ardiles. Padahal kiper kelahiran Rembang itu sudah salah langkah mengantisipasi umpan lambung dari sektor kanan pertahanan. Bola akhirnya hanya melintas di depan gawang. ‘’Penyelesaian akhir masih menjadi salah satu kelemahan kami. Banyak peluang emas yang didapatkan pemain kami namun tidak membuahkan gol,’’ ujar Pelatih Brendy kemarin.
Dalam pertandingan yang dirangkaikan dengan launching tim, kesebelasan Persikaba lebih dominan menurunkan pemain lapis kedua meski di babak pertama sejumlah pemain inti dimainkan. Tampaknya pelatih menyimpan amunisi sebelum Laskar Sunan Pojok bertanding di Mojokerto. Duet striker Yuli Harmoko dan Roni Wijanarko menjadi tumpuan utama mengobrak-abrik pertahanan lawan. Keduanya ditopang gelandang Eko Sukarianto dan mantan pemain Timnas Julian Kusuma. Ujung tombak Taufik Permadi dan Yudi Setyawan dibangku cadangkan bersama gelandang bertahan Anang Dwita.
Di menit ke-15, Persikaba muda unggul 1-0 melalui gol yang dicetak pemain sayap kanan senior Sukisno. Berselang 15 menit kemudian, gawang Persikaba All Star yang dijaga Muhlisin kebobolan untuk kali kedua melalui gol yang dicetak mantan pemain Persela Lamongan U-23, Eko Sukarianto. Kedua gol tercipta memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan lawan yang salah melakukan jebakan off side.
Di babak kedua, pelatih Brendy menarik keluar sejumlah pemain. Diantaranya kapten Sujono, Julian Kusuma dan Eko Sukarianto. Pemain pengganti yang diturunkan antara lain dua debutan baru dari Persekabpas Pasuruan yakni Syahrul dan Yayan serta Lilik, Andri Mulyono Jati, Lasmani, Ngaspani, M Ainul dan Heri Setyabudi. Di babak kedua itulah tercipta beberapa peluang emas. Diantaranya pada menit ke-67 oleh striker Roni Wijanarko dan menit 70 serta 75 melalui Yuli Harmoko dan Masturi. Tendangan ketiga pemain itu melambung di atas mistar gawang maupun berhasil ditangkap kiper pengganti, Budi Farianto. Satu-satunya peluang yang berbuah gol, dicetak gelandang bertahan, Yayan. ‘’Pemain kami sudah tampil bagus. Hanya saja mereka kurang tenang di penyelesaian akhir,’’ kata Manajer Persikaba, Pudiyatmo. (H18)

No comments: