04 May 2008

Imbang Pati


GIRING BOLA : Ujung tombak Persikaba Yudi Setiawan (kanan) menggiring bola ke daerah pertahanan lawan dengan kawalan pemain Persipa Nugroho Aji. Dalam laga ujicoba di Stadion Kridosono Blora, Sabtu (3/5) kedua kesebelasan bermain imbang 0-0.

Pemain Persikaba Diminta Introspeksi
* Imbang 0-0 Lawan Persipa

BLORA – Manajemen Persikaba Blora menyatakan ketidakpuasannya terhadap penampilan Agus Sujono Robert dan kawan-kawan saat ujicoba melawan Persipa Pati di Stadion Kridosono, Sabtu (3/5) yang berakhir imbang 0-0. Para pemain diminta introspeksi.
Manajemen menilai perkembangan Persikaba sangat lamban. Spirit permainan untuk memenangkan Laskar Sunan Pojok di setiap pertandingan masih belum nampak. Itu tidak sebanding dengan konpensasi selama ini yang telah diberikan manajemen kepada pemain. ‘’Terus terang kami sangat kecewa dengan penampilan Persikaba. Bermain di kandang sendiri hasilnya draw. Belum lagi bertanding di kandang lawan,’’ ujar Asisten Manajer Persikaba Wahono kemarin.
Menurut Wahono pemain Blora belum mau all out menunjukan kemampuan terbaiknya. Padahal potensi itu dimiliki setiap pemain. Dia menyebutkan pangkal dari perkembangan yang sangat lamban itu karena pemain kurang disiplin. ‘’Selain pemain, pelatih dan manajemen juga harus introspeksi. Pemain jangan dimanja,’’ tegasnya dengan nada tinggi.
Dia mencontohkan kiper Ali Rozi penampilannya tidak optimal. Penjaga gawang asal Bojonegoro itu kerap melakukan blunder yang membahayakan gawang. Julian Kusuma mantan pemain Timnas yang diturunkan 15 menit menjelang pertandingan babak kedua berakhir, terkesan masih hati-hati. Mantan pemain PSIS Semarang itu berupaya menghindari benturan dengan pemain lawan. ‘’Semangat tinggi belum dimiliki pemain Persikaba,’’ katanya.
Namun harus diakui meski hanya bermain tidak lebih dari 15 menit, kontribusi yang diberikan Julian cukup berarti. Tercatat tiga umpan bola yang disodorkannya kepada para ujung tombak, sangat terukur. Hanya saja penyelesaian akhir yang tidak sempurna menjadikan peluang itu terbuang percuma.
Kurang Greget
Dalam pertandingan yang disaksikan 1000-an penonton tersebut, greget permainan tidak nampak. Tepuk tangan dan teriakan penonton seiring peluang mencetak gol yang didapat pemain Blora, tak lagi terdengar. Itu terjadi karena hanya beberapa kali serangan yang dibangun Persikaba mengancam gawang Persipa yang dijaga secara bergantian oleh Joko Ribowo dan Budi Romani.
Striker Taufik Permadi sengaja tidak diturunkan karena masih cedera. Demikian juga dengan stopper Frian Eko Yuwono. Mantan pemain Persela Lamongan U-23 itu ditarik keluar lapangan karena tidak fit. Dia digantikan Suyatno. Duet ujung tombak Yudi Setiawan dan Yuli Harmoko menjadi pilihan utama pelatih Brendy. Di barisan tengah, diisi Eko Sukariyanto, Anang Dwita dan Cholil. Namun di pertengahan babak pertama, Anang Dwita ditarik ke luar karena cedera. Ia digantikan Sukisno.
Di babak pertama, Persikaba mendominasi jalannya pertandingan. Hanya beberapa kali saja duet striker Persipa Mustari-Hariyanto mampu menempus pertahanan Blora. Namun memasuki babak kedua, barisan pertahanan tuan rumah yang dikoordinir Sujono dibuat kocar kacir dengan serangan pemain Pati setelah Mustari digantikan Agus. Beberapa kali anak asuh pelatih Slamet Sutikno itu lolos dari jebakan off side. ‘’Sayang, lapangan tidak rata. Pemain kami kesulitan menggiring bola sehingga banyak peluang kami yang lepas begitu saja,’’ ujar Slamet Sutikno yang juga pernah melatih Persikaba. (H18)



Daftar Pemain

Persikaba Blora
Adi Sutrisno/Ali Rozi (45), Sujono (c ), Friyan Eko Yuwono/Suyatno (29), Isman Hadi, Masturi, Heri Setiabudi/Andri/Ngaspani (22, 80), Anang Dwita/Sukisno (34), Eko Sukariyanto, Cholil/Julian Kusuma (75), Yuli Harmoko/Roni Wijanarko (53), Yudi Setiawan.
Cadangan : Erick Ardiles, Lilik, Ainul Yakin, Lasmani

Persipa Pati
Joko Ribowo/Budi Romani (57), Ali Mustofa, Nugroho Aji, Hayen Suparno/Rido Rohani/Samsul Hadi (19, 61), Eko Rinenggo/Cholis (75), Karyono/Sulistiyono (51), Nor Rohmad/Sriyanto (57), Aris Riyanto (c )/Slamet Riyadi (71), Johan Seftianto, Mustari/Agus (51), Hariyanto.
Cadangan : Hasan Yahya, M Amir Toriq.

No comments: