20 June 2008

Kalah di Persem


TERJATUH : Pemain belakang Persikaba Isman Hadi (kanan) terpaksa harus menjatuhkan striker senior Persem, Gatot Indra (17) dalam pertandingan di Stadion Ahmad Yani Mojokerto, Kamis (19/6).


Persikaba Makin Terpuruk

MOJOKERTO – Peluang Persikaba Blora lolos ke babak berikutnya di Kompetisi Divisi II hampir tertutup. Itu terjadi setelah di pertandingan kemarin, Laskar Sunan Pojok takluk 1-0 (0-0) dari tuan rumah Persem Mojokerto. Persikaba baru mengemas empat poin dari empat pertandingan. Dua kali kalah, sekali imbang dan sekali menang. Persem berada di posisi puncak klasemen sementara grup V-B dengan mengantongi nilai sepuluh. Persepam Pamekasan berada di posisi kedua, sedangkan Persipa Pati di urutan terakhir. Dua tim peringkat satu dan dua klasemen akhir grup, berhak lolos ke babak berikutnya.

‘’Peluang kami lolos ke babak berikutnya masih ada, hanya saja sangat tipis. Tapi kami tetap harus bersemangat,’’ ujar Manajer Persikaba, Pudiyatmo usai pertandingan melawan Persem.

Di pertandingan kemarin, Persem menguasai jalannya pertandingan. Meski Persikaba menurunkan mantan pemain nasional, Yulian Kusuma, sejak menit pertama pertandingan namun tidak berpengaruh banyak. Malah diturunkannya mantan pemain PSIS Semarang itu mengubah pola permainan yang selama ini dianut Persikaba. Lini tengah kerap terlambat turun membantu pertahanan. Sebaliknya ketika menyerang, terkesan tidak terpola dengan rapi. Duet ujung tombak Taufik Permadi dan Yudi Setyawan kurang mendapatkan suplay bola.

Tuan rumah sepenuhnya mengusai jalannya pertandingan di babak pertama. Beberapa kali kesebelasan yang dilatih Komariono itu mengancam gawang Persikaba yang dijaga Adi Sutrisno. Tercatat tiga peluang emas diperoleh kesebelasan yang tahun lalu menjadi juara Kompetisi Divisi III. Namun tak satupun peluang itu membuahkan gol. Sejatinya, penampilan kiper Adi Sutrisno kala itu tidak istimewa. Berulang kali mantan pemain asal Pati itu tidak lengket menangkap bola. ‘’Pemain kami memang kurang tenang dalam penyelesaian akhir,’’ ujar Komariono pelatih Persem.

Di babak kedua Persem dan Persikaba memasukan sejumlah pemain baru. Di kubu tuan rumah, striker senior Gatot Indra menggantikan Dodik Purwanto. Sedangkan di kubu Blora, Yulian Kusuma ditarik keluar. Masuknya Gatot Indra makin mempertajam serangan. Berulang kali mantan pemain Mitra Surabaya itu mengancam gawang Persikaba. Gol yang ditunggu tuan rumah akhirnya datang juga. Berawal dari umpan satu dua, gelandang serang Ahmad Saefuddin menjebol gawang Laskar Sunan Pojok pada menit ke-67. Pemain nomor punggung 7 itu tidak terjaga pemain belakang Persikaba. Sebab mereka terpaku mengawal pergerakan Gatot Indra.

Tertinggal 0-1 Persikaba mencoba bangkit dengan beberapa kali melakukan penyerangan. Striker Yuli Harmoko masuk menggantikan gelandang Suyatno. Sebaliknya kubu Persem menerapkan permainan bertahan. Namun hingga wasit Murdono (Yogyakarta) meniupkan peluit tanda pertandingan berakhir, skor tetap 0-1 untuk kemenangan Persem. (H18,ud)

Klasemen Sementara Grup V-B

1. Persem 4 3 1 0 3-0 10

2. Persepam 3 1 1 1 2-2 4

3. Persikaba 4 1 1 2 2-3 4

4. Persipa 3 0 1 2 2-4 1

(H18)

No comments: