09 April 2008

Ujicoba

Ujicoba Pertama Lawan PSISra

BLORA – Skuad Persikaba Blora baru saja terbentuk seiring selesainya seleksi pemain pada akhir pekan lalu. Namun hingga kini latihan tetap dilakukan di Stadion Kridosono. Tim pelatih berupaya menemukan komposisi ideal pemain yang akan diturunkan dalam Kompetisi Divisi II yang rencananya mulai digelar 17 Mei.
Bongkar pasang pemain dalam latihan game berulang kali dilakukan untuk mendapatkan komposisi ideal tersebut. Itu dilakukan agar kerjasama antarpemain padu kala bertanding di tengah lapangan. Meski sudah mendapatkan gambaran siapa saja pemain yang layak diturunkan di setiap pertandingan, namun tim pelatih perlu beberapa kali lagi mengkombinasikan antarpemain. Salah satunya dengan mengadakan latih tanding dengan kesebelasan lain.
Tak tanggung-tanggung tim yang kali pertama diajak ujicoba adalah kesebelasan yang levelnya lebih atas dari Persikaba. PSISra Sragen yang kini menghuni Divisi I akan menjajal kemampuan Sujono dan kawan-kawan, Sabtu (12/4) di Stadion Kridosono.
Pelatih Persikaba Brendy mengatakan belum lama ini manajemen PSISra menghubunginya untuk diajak latih tanding. Setelah mendapatkan lampu hijau dari manajemen Persikaba, ia pun menyetujui ajakan tersebut. ‘’PSISra butuh lawan ujicoba. Demikian juga dengan Persikaba,’’ ujarnya kemarin.
Sementara itu manajer Persikaba, Pudiyatmo mengemukakan dari program latihan yang disampaikan pelatih, Laskar Sunan Pojok setidaknya membutuhkan beberapa kali ujicoba dengan kesebelasan lain sebelum tampil di Divisi II. Dia mengatakan ujicoba tersebut antara lain menghadapi kesebelasan lokal Blora, sejumlah tim Divisi II dan Divisi I maupun Divisi Utama dari Jateng dan Jatim. Selain itu muncul wacana Persikaba diperhadapkan pula dengan kesebelasan Super Liga. ‘’Tentunya terlebih dahulu kami akan sampaikan tawaran ujicoba kepada kesebelasan yang dimaksud. Kalau setuju, Persikaba juga siap,’’ tandasnya.
Di tahun-tahun sebelumnya saat menyiapkan diri mengikuti Kompetisi Divisi III maupun Divisi II, Persikaba beberapa kali mengadakan latih tanding dengan kesebelasan dari Jatim dan Jateng. Diantaranya PSISa Salatiga (Divisi II), PSIS Yunior, Persibo Bojonegoro yang kini menyiapkan diri mengikuti Kompetisi Divisi Utama maupun Persela Lamongan, salah satu kesebelasan yang akan berlaga di Super Liga.
Pudiyatmo yang juga kepala bagian umum sekretariat daerah (setda) Blora menyatakan latih tanding dengan kesebelasan yang kualitasnya di bawah maupun di atas Persikaba bertujuan agar pemain Laskar Sunan Pojok mendapatkan pengalaman bertanding. Selain itu akan diketahui pula kelemahan dan kelebihan yang dimiliki Persikaba. ‘’Pelatih akan membenahi kelemahan yang dijumpai saat latih tanding. Sedangkan kelebihannya diupayakan dipertahankan,’’ ujarnya. (H18)

No comments: