05 April 2008

Pernik Divisi II

Peri Sandria Siap Tangani Tim Divisi II

Mantan pemain nasional Peri Sandria siap untuk menangani PS Siak, salah satu tim Divisi II Liga Indonesia 2008. Saat ini Peri Sandria dalam proses negosiasi dengan klub asal Pekanbaru tersebut. Jika semuanya lancar, Peri sudah akan memulai tugasnya pertengahan April ini, mengingat kompetisi Divisi II tingkat regional sudah akan bergulir awal bulan depan.
"Insya Allah, saya sudah siap lahir bathin. Sudah lama saya menunggu kesempatan ini," jelas Peri Sandria, Jumat (4/4) di Senayan, seusai bertemu dengan manajer PS Siak, Agus Samsir. Peri enggan menjelaskan nilai kontraknya pada klub yang terkenal dengan sungai Siak-nya itu.
"Yang pasti saya sangat tertantang untuk membawa PS Siak meraih prestasi, khususnya mengangkat mereka ke level yang lebih tinggi," ungkap Peri, yang sudah malang melintang di kompetisi semi profesional Liga Indonesia selama belasan tahun.
Peri Sandria sudah lama menunggu kesempatan untuk melatih suatu klub. Apalagi, hampir semua pemain segenerasinya sudah lebih dulu berkecimpung menangani klub-klub Liga Indonesia, baik untuk Liga Super, Divisi Utama mau pun Divisi I. Untuk menyebut beberapa diantaranya adalah Iwan Setiawan, yang kini menangani PSS Sleman, atau Sudirman, yang musim kompetisi 2008 ini memilih untuk melatih PS Persiko Kota Baru Kalimantan, salah satu anggota Divisi I.
Menurut Peri, peluangnya untuk bisa melatih di klub terganjal oleh ketiadaan lisensi kepelatihan. Oleh karena itu, Peri akan berusaha keras untuk mengikuti kursus kepelatihan, yang sudah menjadi persyaratan untuk bisa menangani klub-klub peserta kompetisi Liga Indonesia. Dalam waktu dekat, Peri akan mengikuti kursus kepelatihan lisensi C-AFC yang diselenggarakan oleh PSSI.
"Teman-teman seangkatan saya sebagian besar sudah memperoleh lisensi A atau B, sementara saya lisensi C pun belum," ujar Peri.
Dibanding sebagian besar mantan-mantan pemain nasional seangkatannya, Peri Sandria tidak menyembunyikan kenyataan bahwa dia memang seperti kurang beruntung. khususnya dari segi materi. Padahal, siapa yang tidak mengenal nama Peri Sandria? Mantan pemain nasional kelahiran 24 September 1969 ini hingga sekarang masih memegang sejumlah rekor. Yakni, sebagai pemain nasional yang paling banyak tampil di SEA Games, serta pencetak gol terbanyak di kompetisi sepak bola semi profesional Indonesia. Untuk SEA Games, Peri Sandria bermain pada empat kali pentas sepakbola pesta olahraga terbesar negara-negara Asia Tenggara itu, termasuk dengan memperkuat tim peraih medali emas pada SEA Games 1991 di Manila, Filipina. Rekor sebagai pencetak gol terbanyak kompetisi profesional dia sabet pada Liga Dunhill, sewaktu dia memperkuat klub Mastrans Bandung Raya. Saat itu Peri mencetak 34 gol! Peri juga tercatat sebagai salah satu pemain yang paling sering memperkuat tim juara pada kompetisi sepakbola profesional Indonesia itu, yakni juara Galatama, juara Bank Summa, dan juara Liga Dunhill. Peri memperkuat klub Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) ketika menjadi juara Galatama dan juara Bank Summa, dan bersama Mastrans Bandung Raya saat memenangi Liga Dunhill. Sebagai pemain nasional, salah satu kenangan manisnya adalah ketika dia tampil dalam timnas yang menjadi runner-up Piala Kemerdekaan pada tahun 1989 di Jakarta.
"Waktu itu pelatihnya Anatoly Polosin," ujar suami dari Harianingsih dan ayah dari Peni Leonita Sandria (17), yang mengikuti jejaknya sebagai olahragawan, meski berkecimpung di cabang squash.
"Putri saya itu semula menekuni bulutangkis, tetapi mungkin karena persaingannya ketat, dia memilih squash dan sekarang menjadi atlet pelatda PON DKI Jaya," papar Peri Sandria, yang dalam sepanjang karirnya di sepakbola pernah bermain pada belasan klub. Disamping KTB dan Mercu Buana, klub-klub yang pernah disinggahi Peri adalah Assyabaab, Putra Samarinda, Mastrans Bandung Raya, Persib Bandung, Persikabo Bogor, Persitara Jakarta Utara, Persipon Pontianak, PS Purwakarta dan PS Persipasi.(adi) Biodata Peri Sandria
Nama : Persi Sandria
Tanggal Lahir : 24 September 1969
Alamat : Kebagusan Besar RT 001/07 17065
Nama Istri : Harianingsih
Karir Klub : Krama Yuda Tiga Berlian, Assyabab Salim Grup, Putra Samarinda, Mastrans Bandung Raya, Persib, Persikabo, Persitara, Persipon, Purwakarta, Persipasi,
Karir Timnas : Piala Kemerdekaan, SEA Games Manila 1991, SEA Games Singapura 1993, Pra Piala Asia 1996, Piala Tiger 1996
Prestasi : Juara Galatama (bersama KTB), Juara Bank Suma (KTB), Juara Liga Dunhill (MBR), Juara SEA Games 1991, Top Skor Liga Dunhill (34 gol)
Sumber Berita : PSSI Football.com

No comments: