18 April 2008

Kalah Lawan Persibo


MELOMPAT : Kiper Persikaba Ali Rozi (33) yang dimasukan di babak kedua berupaya menangkap bola dari tendangan pojok pemain Persibo Bojonegoro. Dalam laga ujicoba ini Persikaba kalah 0-2.


Persikaba Takluk 0-2 Lawan Persibo

BOJONEGORO – Persikaba Blora perlu berbenah lagi sebelum tampil di Kompetisi Divisi II 2008. Para pemain masih kerap memperagakan kesalahan elementer yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Kerjasama antarpemain juga belum padu. Alur bola dari lini ke lini saat melakukan penyerangan tidak tersambung.
Sektor sayap kiri dan kanan pertahanan juga mendesak dibenahi. Pasalnya, kelemahan dari kedua sektor itulah tim lawan sering memanfaatkannya hingga membuahkan gol. Setidaknya hal itu terlihat saat Persikaba berujicoba melawan tim Divisi Utama Persibo di Stadion Letjen Sudirman Bojonegoro, kemarin. Laskar Sunan Pojok menyerah dengan skor 0-2 (0-1).
Gol pertama tuan rumah Persibo dicetak pada menit ke-40 melalui sundulan kepala mantan pemain Persikaba, Samsul Arif memanfaatkan umpan dari tendangan pojok. Sedangkan gol kedua tercipta dua menit menjelang pertandingan berakhir. Striker Persibo Imam Faisal (PSDS Deli Serdang) sukses melewati pemain sayap kiri Persikaba, Masturi dan stopper Frian Eko Yuwono sebelum akhirnya mencetak gol ke gawang Blora yang dijaga Ali Rozi.
‘’Banyak pelajaran berharga yang kami dapatkan dari laga ujicoba ini,’’ ujar Pelatih Persikaba, Brendi usai pertandingan.
Dalam pertandingan itu harus diakui Persikaba kalah kelas dari Persibo, meski sebagian pemain Bojonegoro baru mengikuti seleksi. Mereka diantaranya adalah mantan pemain PSDS seperti Imam Faisal dan Imam Maulana (Persik Kediri). Selain itu Iswandi Syukur (Persitara Jakarta Utara), Haryanto (Persegi Giayar), Komang Adyana, Erfan Junadir (Persekabpas Pasuruan) serta Seftiawan. Dalam pertandingan itu Persibo juga menurunkan pemain yang telah deal dengan manajemen. Diantaranya Iswandi Dai, Samsul Arif dan Aris Tuansyah. Persibo sengaja tidak memainkan pemain asingnya, Varney Vas Boakay. Dia hanya duduk di pinggir lapangan menyaksikan pertandingan.
Di menit awal pertandingan, Persikaba mampu mengimbangi permainan Persibo. Namun memasuki pertengahan babak pertama, pemain Persibo mulai menemukan titik kelemahan tim lawan. Serangan lebih banyak dibangun dari sektor kiri dan kanan pertahanan Persikaba. Pemain sayap Blora yang kerap terlambat turun, menjadikan pemain lawan leluasa masuk hingga ke depan gawang. Beruntung kiper Erik Ardiles tampil cemerlang. Mantan pemain PSIR Rembang yunior itu berulang kali melakukan penyelamatan. Bahkan dia sukses menyelamatkan gawangnya ketika wasit memberikan hadiah tendangan pinalti. Gawang Persikaba akhirnya jebol juga setelah bola sundulan kepala Samsul Arif tidak bisa ditangkap Erik.
Di babak kedua, Persibo tetap mengandalkan penyerangan memanfaatkan lebar lapangan. Rapatnya barisan pertahanan Blora yang dikoordinir Sujono menjadikan pemain lawan hampir tidak pernah melakukan penyerangan dari lapangan tengah. Gol kedua kesebelasan yang dilatih Gusnul Yakin juga tercipta melalui penyerangan dari sayap kanan.
Dalam pertandingan ini, duet striker Persikaba, Taufik Permadi dan Yudhi Setiawan beberapa kali mendapat peluang emas setelah mendapatkan umpan lambung pemain belakang. Hanya saja dukungan pemain tengah Persikaba kurang maksimal. Akibatnya saat bola lepas, pemain tengah tim lawan dengan mudah menguasai bola. (H18)

No comments: