13 March 2008

Berita Divisi I

Jalan Terjal Wakil Jatim


Kompetisi Divisi I Start 13 April
JAKARTA - PSSI akan segera menggulirkan kompetisi musim 2008. Perhelatan Divisi I menjadi pembuka. Pertarungan di kasta ketiga sepak bola nasional itu akan mulai digeber pada 13 April mendatang dan berakhir 22 Juni 2008.

Sebanyak 48 klub berjibaku di Divisi I dan terbagi dalam delapan grup. Mereka akan bertarung memperebutkan enam jatah promosi ke Divisi Utama musim 2009. Sembilan di antara daftar tersebut merupakan tim-tim asal Jawa Timur (Jatim). Jumlah itu termasuk yang paling dominan.

Meski paling dominan, jalan wakil Jatim sangat berat. Sebab, mereka harus berjibaku sesama teman sendiri di babak pertama. Pasalnya, tim-tim Jatim berada dalam grup yang sama. Mereka tergabung di Grup V dan VI.

Lima tim berkumpul di Grup V dan empat lainnya di Grup VI. Penghuni Grup V adalah Persida Sidoarjo, Persedikab Kab Kediri, Persipro Probolinggo, Perseta Tulungagung, dan Persikoba Batu. Sedangkan Grup VI ialah Mojokerto Putra, PSBI Blitar, Persid Jember, dan Persewangi Banyuwangi.

"Dengan situasi seperti ini, peluang kami memang berat. Sebab, ada banyak laga derby Jatim. Karena itu, kami mengajukan permohonan agar tim-tim Jatim dipecah dalam tiga grup," ujar Ali Mustofa, utusan Pengda PSSI Jatim, dalam workshop Divisi I di Jakarta, kemarin (12/3).

Sayang, permintaan Pengda Jatim itu ditolak. Badan Liga Sepak Bola Amatir (BLA) hanya mengakomodasi keberatan PS Biak Papua. PS Biak yang sebelumnya masuk di Grup VII akhirnya dipindah ke Grup VIII karena alasan transportasi. "Ini semua adalah risiko kompetisi. Kami sudah lama menggodok ini. Jadi, semua harus bisa memahaminya," kata Subardi, ketua BLA.

"Perjuangan kami memang berat. Tapi, kami harus bisa menerima keputusan BLA ini," sambung Biqinthorin Musa, ketua harian Persida.

Ajang Divisi I nanti dihajat dalam empat babak. Pada babak pertama, masing-masing grup bermain dengan sistem kompetisi penuh. "Hanya Grup VIII yang pakai sistem home turnamen karena masalah transportasi," ujar Subardi.

Nah, babak kedua hingga keempat akan dijalankan dengan sistem setengah kompetisi. Di babak kedua, grup akan dibagi empat, masing-masing grup dihuni empat tim. Artinya, hanya ada dua tim yang lolos ke babak kedua di masing-masing grup pada babak pertama. (fim/ko)


Pembagian Grup Divisi I 2008

Grup I
1. PSLS Lhokseumawe
2. Persidi Idi Reyeuk
3. PSBL Langsa
4. PSSA Asahan
5. PSKPS Padang Sidempuan
6. Persires Rengat

Grup II
1. Pespessel Pesisir Selatan
2. PS Bungo
3. PSBS Bangkinang
4. PS Palembang
5. PS Banyuasin
6. PSBL Bandar Lampung

Grup III
1. Pro Duta Bandung
2. Pesik Kuningan
3. Persik Kendal
4. Persipur Purwodadi
5. PSISra Sragen
6. PPSM Magelang

Grup IV
1. Persipasi Bekasi
2. PSB Bogor
3. PSKS Krakatau Steel Cilegon
4. Perserang Serang
5. Persipon Pontianak
6. Persepra Palangka Raya

Grup V
1. Persebi Boyolali
2. Persida Sidoarjo
3. Persedikab Kediri
4. Persipro Probolinggo
5. Perseta Tulungagung
6. Persikoba Batu

Grup VI
1. PSMP Mojokerto Putra
2. PSBI Blitar
3. Persid Jember
4. Persewangi Banyuwangi
5. Persiko Kotabaru
6. Perst Tabanan

Grup VII
1. Persemalra Maluku Tenggara
2. Persipal Palu
3. Kendari Utama
4. Persin Sinjai
5. Persipare Pare-Pare

Grup VIII
1. Persiram Raja Ampat
2. Persinab Nabire
3. Persidafon Dafonsoro
4. Persitoli Tolikara
5. Persigubin Pegunungan Bintang
6. Persekaba Yahukimo
7. PS Biak
Dikutip dari Jawa Pos

No comments: