16 January 2008

Tunas Muda KO

*Liga Persikaba
Cahaya Laut dan Tunas Muda Tersingkir

BLORA – Kejutan besar terjadi di Liga Persikaba 2007. Dua kesebelasan yang difavoritkan melaju ke babak final setelah juara bertahan AC Bola Kapuan tersingkir yakni Cahaya Laut Ngawen dan Tunas Muda Jepon akhirnya kandas di semifinal. Bina Putra Cepu mengakhiri harapan Hayen dan kawan-kawan tampil di final. Cahaya Laut tersingkir setelah kalah 0-1 (0-0) kala menghadapi Bina Putra, Selasa (8/1). Satu gol yang dicetak Veri pada menit ke-63 cukup untuk membawa Bina Putra lolos ke babak final.
Kekalahan lebih dramatis dialami Mustari dan rekan-rekannya. Melalui adu tendangan penalti, kesebelasan Tunas Muda yang ditangani asisten pelatih Persikaba, Sugiyanto, menyerah dengan skor 3-5 (1-1) saat berjumpa Subur Jaya di Stadion Kridosono, Rabu (9/1). Kedua kesebelasan sebelumnya bermain imbang 1-1 di 90 menit waktu pertandingan normal. Subur Jaya unggul lebih dahulu pada menit ke-53 melalui gol yang diciptakan Andi F. Mustari yang menjadi ujung tombak Persikaba U-23 di turnamen sepak bola Bupati Blora Cup I, menyumbangkan satu gol di menit ke-63 bagi kesebelasan yang dibelanya, Tunas Muda. Namun keberhasilan mencetak gol tersebut tidak bisa diulangi Mustari ketika pertandingan harus dilanjutkan melalui adu tendangan penalti. Bersama Kamami, pemain Tunas Muda Lainnya, Mustari gagal mengemban tugas sebagai algojo tendangan penalti. Sedangkan dari kubu Subur Jaya hanya Andi P yang tidak berhasil menyarangkan bola ke gawang Tunas Muda.
Dengan kemenanganya itu kesebelasan Subur Jaya melaju ke final dan akan menantang Bina Putra. Pertandingan final digelar Selasa (15/1) di Stadion Kridosono. Sedangkan perebutan juara ketiga antara Cahaya Laut melawan Tunas Muda dimainkan Senin (14/1) di tempat yang sama.
Kejutan
Lolosnya Bina Putra dan Subur Jaya ke babak final itu diluar perkiraan pengamat sepak bola di Blora. Meski kedua kesebelasan itu selama ini rutin melatih pemain-pemain muda namun kiprahnya di persepakbolaan di Blora masih dianggap kalah dengan klub ‘’mapan’’ seperti AC Bola, Tunas Muda dan Cahaya Laut. Ketiga kesebelasan yang disebut terakhir itu berulang kali tampil di babak semifinal maupun final Liga Persikaba. Di tahun 2006, AC Bola berjumpa Tunas Muda di final Liga Persikaba. Sedangkan langkah Cahaya Laut, terhenti di babak semifinal. Di tahun-tahun sebelumnya Subur Jaya dan Bina Putra selalu lolos di babak penyisihan namun kandas di babak perempat final ataupun semifinal. ‘’Ini bukti bahwa pembinaan pemain muda di Blora kini tidak hanya didominasi klub-klub ‘’mapan’’. Pelatihan pemain muda yang sudah berlangsung cukup lama mulai membuahkan hasil,’’ ujar Amin Farid salah seorang pemerhati sepak bola di Blora, kemarin. (H18)


Hasil Pertandingan Babak Perempat Final
Persipur vs Cahaya Laut : 2-4
Bima Sakti vs Subur Jaya : 0-5
Bina Putra vs Putra Sakti : 4-0
Tunas Muda vs Budi Utomo : 3-1
Hasil Pertandingan Semifinal
Cahaya Laut vs Bina Putra : 0-1
Subur Jaya vs Tunas Muda : 5-3

Jadwal Pertandingan Final
Selasa (15/1) : Subur Jaya vs Bina Putra
Senin (14/1) : Tunas Muda vs Cahaya Laut (perebutan juara ketiga)

No comments: