04 January 2008

Persela Draw


DIKAWAL : Ujung tombak Persela, Yuda Ayul dikawal empat pemain Pati Selection. Pertandingan berakhir imbang 1-1 (0-0).


*Bupati Blora Cup I
Persela Belum Pantas Menyandang Nama Besar

BLORA – Acungan jempol patut diberikan kepada kesebelasan Pati Selection U-23. Tim yang dilatih Mamik Slamet itu tampil prima menghadapi Persela Lamongan U-23 dalam laga lanjutan Turnamen Sepak Bola Piala Bupati Blora I di Stadion Kridosono, Minggu (30/12). Prastio Wahyudi dan kawan-kawan berhasil menahan imbang Persela, 1-1 (0-0).
Pati selection unggul terlebih dahulu di menit 76 melalui serangan balik cepat. Pemain sayap kiri, Kukuh Pambudi yang baru masuk di menit ke-32 menggantikan Dwi Riska berhasil memperdaya kiper Persela yang terlanjur maju ke depan. Laskar Joko Tingkir Yunior baru menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti ujung tombak, Aris Setyawan pada menit ke-82. Penalti diberikan wasit Slamet Kusdiyanto setelah salah seorang pemain Pati Selection hand ball di kotak penalti.
‘’Kunci keberhasilan kami terletak pada kedisiplinan dan kerjasama pemain,’’ ujar pelatih Pati Selection Mamik Slamet usai pertandingan.
Mamik yang juga mantan pelatih Persikaba di tahun 90-an itu mengakui dari segi kualitas dan pengalaman pemain lawan setingkat lebih baik. Namun nama besar Persela tidak menjadikan para pemainnya grogi. Dia menyatakan sebagian besar pemain Pati yang diturunkan dalam pertandingan ini berusia 21 tahun. Mereka dipersiapkan memperkuat salah satu kesebelasan Divisi III Jateng. Namun Mamik mengatakan jika ada kesebelasan lain yang berminat merekrut pemain asuhannya, dia tidak akan keberatan.
Kembali ke pertandingan. Menyadari keunggulan teknik pemain lawan, Mamik menerapkan pola 4-4-2 untuk membendung serangan Persela. Penjagaan ketat pemain Pati di daerah pertahanannya membuat para pemain Persela frustasi. Serangan yang tercipta dengan mudah dipatahkan sebelum memasuki kotak penalti. Penampilan cemerlang penjaga gawang Pati, Hasan Yahya semakin menambah kepercayaan diri pemain lainnya. Beberapa kali penyelamatan gemilang berhasil diperagakan Hasan Yahya. Kiper bernomor punggung 77 itupun terkesan over confidence.
Di pertandingan yang disaksikan ribuan publik Blora ini, Persipa mengandalkan serangan balik cepat dengan memanfaatkan kelincahan dan kecepatan lari para pemainnya. Pada menit ke-20, Persipa mendapat peluang emas. Sayang tendangan Cholis melebar di samping kiri gawang Persela yang dijaga Bayu Prisma. Padahal sang kiper sudah telanjur keluar dari sarangnya. Melalui serangan balik cepat pula akhirnya kesebelasan Pati berhasil menciptakan gol pada menit ke-76. Kali ini Kukuh Pambudi tidak mengulangi kegagalan memanfaatkan peluang setelah penjaga gawang maju ke depan.
Unggul 1-0 tidak membuat kesebelasan Pati Selection mengubah strategi bermain. Dua ujung tombak dibiarkan berada di barisan depan, sedangkan pemain lainnya menumpuk di daerah pertahanan. Sebaliknya kesebelasan Persela yang ditangani pelatih asal Brasil, Wenderly meningkatkan ritme permainan. Serangan gencar dari berbagai lini diperagakan. Kemelut di depan gawang Pati menyebabkan salah seorang pemain Pati melakukan hand ball. Wasit menunjuk titik putih. Stiker Persela Aris Setyawan berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Skor berubah 1-1.
Di menit-menit akhir pertandingan sebenarnya Persela tampil dominan. Namun pertahanan ketat Pati tak bisa ditembus pemain Persela. Jangankan memasuki kotak penalti, untuk menendang bola dari luar kawasan 12 meter, pemain Persela tidak diberikan kesempatan. Skor 1-1 tidak berubah hingga pertandingan usai.
‘’Kelemahan kami dari dulu seperti ini. Keasyikan menyerang membuat pemain belakang lengah. Selain itu dalam pertandingan ini, pemain kami kecapekan. Banjir di Bojonegoro membuat kami harus menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke Blora. Rombongan kami harus melewati Tuban,’’ kata Asisten Pelatih Persela, Marzuki.
Pertandingan dalam rangka HUT ke-258 Blora itu akan dilanjutkan Sabtu dan Minggu mendatang. Persikaba U-23 akan menghadapi Persela, Sabtu (5/1). Sedangkan PSIR bertemu Pati Selection, Minggu (6/1). (H18)


Klasemen Sementara

1. Persikaba 1 1 0 0 2-0 3
2. Pati Selection 1 0 1 0 1-1 1
3. Persela 1 0 1 0 1-1 1
4. PSIR 1 0 0 1 0-2 0



Persela vs Pati Selection : 1-1 (0-0)
Pencetak Gol
Pati Selection : Kukuh Pambudi (76)
Persela : Aris Setyawan (82p)

Susunan Pemain
Persela : Bayu Prisma (Pg), Heru (c ), Abdul Rochim/ Isman Hadi (61), Catur Erik, Darma H, Muzaki, A Sholeh/ A Sikhu (50), Eko S, Danu Rosade, Aris Setyawan, Yuda Ayul/ Awang Darmawan (46). Cadangan : Herman Sukamto, Nur Mufid, Arga, Miftahul Huda. Kartu Kuning : Yuda Ayul (37), Darma H (47).

Pati Selection : Hasan Yahya (Pg), Tomi Agung, Yono Wibowo/ A Rizal Arif (63), Prastio Wahyudi (C ), M Safron, Purwanto, Johan S, A Taufiq, Dwi Riska/ Kukuh Pambudi (32), Cholis, Arif Widarto/ Feri Adi (56)/ Catur Setiawan (74). Cadangan : A Jalil, Dedi Yulianto, Mas Adi. Kartu Kuning : Yono Wibowo (13), M Safron (69).

(H18)

No comments: