15 July 2008

SK Komdis Turun


TERJATUH : Pemain Persikaba Taufik Permadi (10) terjatuh dalam perebutan bola dengan pemain Persem, M Safak. Kemenangan yang diraih Persem dianulir karena menurunkan pemain yang memalsukan umur.


SK Komdis Turun, Manajemen Lega

BLORA – Penantian panjang manajemen Persikaba Blora akhirnya terjawab. Surat Keputusan (SK) Komisi Disiplin PSSI terkait protes pemalsuan umur pemain Persem Mojokerto akhirnya terbit.
Sebenarnnya tidak ada hal baru dalam SK tertanggal 8 Juli tersebut. Hanya saja keputusan tertulis itu sangat dinantikan manajemen Laskar Sunan Pojok sebagai bukti otentik setelah sebelumnya mereka mendapatkan informasi lisan protesnya dikabulkan.
SK yang diterima sebanyak dua buah. Yakni bernomor 02/KEP/KD/DII-XIV/VII/08 dan 03/KEP/KD/DII-XIV/VII/08. Kedua SK yang ditandatangi Komdis tersebut berisi pelimpahan kemenangan dari Persem kepada Persikaba. Pelimpahan dengan skor masing-masing 3-0 itu terjadi karena salah seorang pemain Persem terbukti memalsukan umur. Pemain itu diturunkan ketika kesebelasan berjuluk Blue Force menahan imbang Laskar Sunan Pojok dengan skor 0-0 di pertandingan pertama grup V-B Kompetisi Divisi II yang berlangsung di Stadion Kridosono, Sabtu (17/5). Pemain illegal tersebut juga dimainkan pelatih Komariono ketika menjamu Persikaba, Kamis (19/6), di Stadion Ahmad Yani Mojokerto. Kala itu pertandingan dimenangkan Persem dengan skor 1-0.
‘’Kami bersyukur, SK dari Komdis akhirnya turun juga,’’ ujar Humas Persikaba, Ahmad Zaidun kemarin.
Dengan keluarnya keputusan dari Komdis tersebut, Persikaba mendapat tambahan nilai 5. Agus Sujono Robert dipastikan menjadi juara grup V-B meski masih ada satu pertandingan antara Persepam Pamekasan dan Persipa Pati. Laskar Sunan Pojok mengantongi nilai 12. Poin tersebut tak mungkin dilampaui kesebelasan lainnya di grup V-B. Posisi kedua dan ketiga klasemen sementara ditempati Persipa Pati dan Persepam Pamekasan. Kedua kebelasan itu sama-sama mengantongi nilai 7. Hanya saja Persipa unggul selisih gol. Hukuman yang diberikan Komdis, menjadikan Persem terpuruk di dasar klasemen dengan nilai 6. Padahal sebelumnya kesebelasan yang menjadi jawara Divisi III 2007 itu bertengger di puncak klasemen dengan nilai 10.
Tuan Rumah
Sementara itu terkait pengajuan diri menjadi tuan rumah menurut Zaidun, Pengda PSSI Jateng telah mengeluarkan surat rekomendasi sebagai syarat pengajuan diri Blora kepada Badan Liga Amatir (BLA) PSSI. Dia menyebutkan Pengda PSSI Jateng akan memberikan asistensi persiapan Blora menjadi tuan rumah. ‘’Prosesnya harus dilalui terlebih dahulu. Asistensi itu juga merupakan salah satu bagian dari proses sebelumnya akhirnya BLA PSSI memberikan keputusan kesebelasan mana yang menjadi tuan rumah,’’ katanya.
Zaidun mengatakan babak kedua Kompetisi Divisi II menggunakan sistem home tournament setengah kompetisi. Setiap satu grup berisi empat hingga lima kesebelasan. Dua kesebelasan terbaik di setiap grup berhak lolos ke babak ketiga. ‘’Kesebelasan yang lolos babak ketiga, masih harus melalui satu babak lagi sebelum dinyatakan lolos ke Divisi I,’’ tandasnya. (H18)




Klasemen sementara Grup V-B

1. Persikaba Blora 6 4 0 2 9-4 12*
2. Persipa Pati 5 2 1 2 7-4 7
3. Persepam Pamekasan 5 2 1 2 4-4 7
4. Persem Mojokerto 6 2 0 4 3-11 6**

Keterangan : * Nilai Persikaba Ditambah 5
** Nilai Persem Dikurangi 4

No comments: