05 September 2006

Persikaba Lolos Divisi II Nasional

SOLO RUN : Ujung tombak Persikaba Supri Andri (kanan) mendribling bola dengan kawalan kapten PSBS Dedi Predi. Kecepatan lari pemain bernomor punggung 8 itu tak mampu diimbangi pemain lawan, hingga dengan mudah tercipta gol.

Persikaba Lolos Divisi II

BANTUL – Tidak sia-sia kedatangan sejumlah grup barongan dari Blora ke Stadion Sultan Agung Bantul untuk menyaksikan laga penentu lolos tidaknya Persikaba ke Divisi II melawan PSBS Bangkinang, kemarin. Dukungan penuh ratusan suporter itu mampu membangkitkan semangat tanding Sujono dkk. Hingga tim berjuluk Laskar Sunan Pojok akhirnya menang dengan skor 2-0 (1-0). Dua gol kemenangan Blora dicetak kedua ujung tombaknya, Sukirno Bagong menit 15 dan Supri Andri menit ke-47.
Pertandingan lanjutan babak ketiga Divisi III Grup B itu diwarnai aksi mengundurkan diri kesebelasan PSBS pada menit 59. Saat itu Blora telah memimpin 2-0. Pemain dari Riau itu tak mau melanjutkan pertandingan dengan alasan tidak ada jaminan keamanan dari petugas. Padahal koordinator keamanan yang bertugas di stadion kebanggaan warga Bantul itu telah menjamin keamanan pemain PSBS setelah sebelumnya terlibat baku pukul dengan penonton. ''Untuk apa melanjutkan pertandingan kalau keadaannya seperti itu. Lebih baik kami berhenti bermain. Namun peristiwa yang terjadi di tengah lapangan akan kami laporkan ke PSSI,'' ujar Syamsir S.Kom, Asisten Manajer PSBS.
Kericuhan yang berbuntut pengunduran diri kesebelasan berjuluk Pendekar Sangate itu bermula ketika pemain Persikaba, Widodo Lestari dilanggar pemain lawan, Hermansyah. Wasit Kartika yang memimpin pertandingan menghadiahkan kartu kuning kepada Hermansyah. Namun saat Widodo tergeletak di tengah lapangan tiba-tiba tangannya dengan sengaja diinjak oleh pemain PSBS. Bek kiri Blora itupun tidak terima. Belum sempat bertindak lebih jauh, sejumlah pemain PSBS, menghadiahkan bogem mentah. Hingga pelipis kiri Widodo, berdarah. Peristiwa itu nyaris saja memicu perkelahian antar pemain. Polisi yang memasuki lapangan berupaya melerai perkelahian tersebut. Namun entah darimana datangnya tiba-tiba salah seorang penonton ikut pula masuk lapangan dan membalas ulah pemain PSBS. Akibatnya, kepala kapten Dedi Predi, mengeluarkan darah setelah mendapat pukulan dari penonton.
Merasa keamanannya tidak terjamin, pemain PSBS mogok bertanding. Berulang kali wasit membujuk mereka untuk meneruskan pertandingan dengan jaminan penuh aparat kepolisian yang bertugas. Namun bujukan itu tidak mempan. Hingga wasit pun menyatakan pertandingan selesai dengan skor 2-0 untuk Persikaba.
Kemenangan yang membawa anak-anak asuh pelatih Brendy lolos ke Divisi II itupun disambut meriah ratusan suporter. Mereka tak henti-hentinya memainkan antraksi barongan di pinggir lapangan. Warga Bantul yang hadir di stadion ikut pula menyaksikan tontonan gratis itu. ''Perjuangan kami akhirnya tidak sia-sia. Manajemen dan pemain Persikaba mengucapkan syukur atas keberhasilan lolos ke Divisi II,'' ujar Manajer Persikaba, Simon Budhi, kepada Suara Merdeka usai pertandingan.
Sebenarnya jalannya pertandingan- sebelum terjadi kericuhan-, menarik untuk ditonton. Pemain kedua kesebalasan tampil ngotot. Lantaran kemenangan yang diraih memastikan kesebelasan yang dibelanya itu lolos Divisi II. Tak satupun protes dikemukakan pemain saat wasit menganggapnya melakukan pelanggaran. Kedua gol Persikaba lahir dengan memanfaatkan kecepatan lari ujung tombak. Pemain belakang lawan yang rata-rata sudah berusia tua tak mampu mengejar lari pemain Blora hingga dengan mudah gol pun tercipta.
Sementara itu di pertandingan Grup A yang berlangsung di Stadion Pancasila UGM, kesebelasan PS Siak memastikan lolos Divisi II setelah mengalahkan Persidi Pidie NAD dengan skor tipis 1-0. Pertandingan terakhir Kompetisi Divisi III Grup A dan B berlangsung hari ini, Rabu (6/9). Di Stadion UGM, mempertandingkan Persewangi Banyuwangi melawan PSBI Blitar. Sedangkan di Bantul, Perseta Tulungagung menghadapi Persikoba Batu. (H18)


Grafis :
Hasil Pertandingan Kompetisi Divisi III Nasional
Selasa (5/9)
Grup A
PS Siak 1 (Sofian, 65) vs Persidi Pidie 0
Grup B
Persikaba Blora 2 (Sukirno Bagong, 15, Supri Andri, 47) vs PSBS Bangkinang 0

Klasemen Sementara Grup A

1. PSBI 3 3 0 0 9-2 9*
2. Persewangi 3 2 1 0 4-1 7*
3. PS Siak 4 2 0 2 4-5 6*
4. Persidi 4 0 2 2 1-6 2
5. Perpessel 3 0 1 2 0-3 1

Klasemen Sementara Grup B

1. Persikoba 3 3 0 0 7-2 9*
2. Perseta 3 2 1 0 9-2 7*
3. Persikaba 4 1 2 1 5-4 5*
4. Persebsi 4 0 2 2 4-10 2
5. PSBS 4 0 1 3 1-8 1

*Lolos Divisi II Nasional

No comments: