20 September 2006

AC BOLA JUARA

DIKAWAL : Ujung tombak Cepu Putra, Dian Jambul Kristanto (kanan) tak bisa berbuat banyak karena dikawal ketat pemain belakang AC Bola dalam pertandingan final di Lapangan Desa Kapuan, Cepu, Blora, Selasa (19/9). Kesebelasan AC Bola menang dengan skor 3-1.


*Turnamen Sepak Bola Bina Taruna Cup III
Pemain Persikaba Bawa AC Bola Juara

CEPU - Kesebelasan AC Bola Kecamatan Cepu, Blora meraih juara pertama Turnamen Sepak Bola Bina Taruna Cup III setelah di laga final mengalahkan kesebelasan Cepu Putra dengan skor 3-1 (0-1). Tiga gol kemenangan kesebelasan yang dilatih Maturkam, asisten pelatih Persikaba Blora itu diciptakan Arifin menit 49 dan 75 serta Eko Nur Adriyanto menit 55. Satu-satunya gol Cepu Putra dicetak pemain Persipur Porwodadi, Budiana di menit 30.
Pertandingan final yang berlangsung di lapangan Desa Kapuan Kecamatan Cepu, Selasa (19/9) itu seakan menjadi reuni sejumlah pemain Persikaba. Hanya saja mereka membela dua kesebelasan yang berbeda. Tiga pemain Persikaba yakni Rizki, Sujono dan Dian Jambul memperkuat Cepu Putra bersama sejumlah pemain Persipur diantaranya Budiana, Harianto dan Bangun. Kehadiran Herifiyanto mantan pemain Persikaba yang tahun lalu membela Persip Pekalongan dan Persiwi Wonogiri menambah daya gedor Cepu Putra. Sementara kesebelasan AC Bola mayoritas diperkuat pemain kesebelasan berjuluk Laskar Sunan Pojok seperti Eko Nur Adriyanto, Widodo Lestari, Gunawan, Naim, Arifin, Sunaryo dan Wahid. Laga final yang mempertemukan kedua kesebelasan itupun berlangsung menarik.
Sejak wasit Slamet Kusdiono meniupkan peluit tanda pertandingan dimulai, kedua kesebelasan silih berganti melakukan serangan. Kehadiran ribuan penonton di pinggir lapangan menambah kemeriahan turnamen yang digelar dua tahun sekali itu. Cepu Putra unggul terlebih dahulu di menit 30 melalui tendangan keras gelandang serang, Budiana. Gol lahir memanfaatkan longgarnya pertahanan AC Bola yang koordinir Gunawan. Tak seorangpun menjaga pergerakan Budiana. Hingga pemain bernomor punggung 7 itu dengan mudah menjebloskan bola ke gawang yang dijaga Mundir. Keunggulan 0-1 tetap bertahan hingga jeda pertandingan.
Blunder
Memasuki babak kedua, pelatih AC Bola, Maturkam, mengintruksikan para pemainnya untuk menekan pertahanan lawan setelah melihat sebagian besar stamina pemain Cepu Putra mengendor. Intruksi itupun membuahkan hasil. Tendangan keras ujung tombak Arifin ke arah pojok kiri gawang Cepu Putra yang dijaga Rizki di menit 49 membuat kedudukan imbang 1-1. Pertandingan pun semakin menarik ditonton. Pemain kedua kesebalasan semakin bernafsu menambah gol. Masuknya Herifiyanto di menit 50, membuat permainan berjalan imbang. Namun faktor usia pemain Cepu Putra yang sebagian tidak muda serta stamina yang menurun, lagi-lagi bisa dimanfaatkan para pemain AC Bola. Menit 55, gelandang serang Eko Nur Adriyanto berhasil lepas dari penjagaan kapten Cepu Putra, Sujono. Sontekan bola pelan pemain bertubuh mungil itu ke arah gawang tak bisa ditepis kiper Rizki. Skor berubah 2-1. Sebenarnya, sejumlah peluang emas berhasil didapatkan pemain Cepu Putra untuk menyamakan kedudukan. Bola hasil tendangan ujung tombak Herifiyanto hanya membentur mistar gawang. Sementara sundulan Budiana memanfaatkan umpan tendangan pojok membentur salah seorang pemain. Padahal saat itu kiper sudah salah langkah. Justru melalui serangan balik cepat, para pemain AC Bola berhasil mencetak gol tambahan. Gol yang diciptakan Arifin di menit 75 itu terjadi setelah stopper Cepu Putra, Yanto melakukan blunder. Dia terlalu lama mengolah si kulit bundar. Bola yang berhasil direbut, selanjutnya langsung ditendang Arifin ke arah gawang setelah melihat kiper terlalu maju ke depan. Kedudukan 3-1 tidak berubah hingga pertandingan usai.
''Kami puas dengan kemenangan ini,'' ujar Maturkam, pelatih AC Bola kepada Suara Merdeka.
Turnamen itu sendiri diikuti 24 kesebelasan yang berasal dari berbagai kabupaten di Jatim dan Jateng. Diantaranya Sonic Putra Lamongan, Angling Dharmo Bojonegoro, Persekama Madiun dan Persenga Ngawi. Selain itu Bentolo Sakti Purwodadi, PSIR U-23 dan Bina Sakti Rembang serta sejumlah kesebelasan dari Blora. Di semifinal AC Bola mengalahkan Sonic Putra yang antara lain diperkuat sejumlah pemain Persela Lamongan seperti M Basri dan Fahrudin dengan skor 3-1. Sedangkan Cepu Putra menang 2-1 melawan Bina Sakti Rembang yang diperkuat Hadi Surento. (H18)

No comments: