17 May 2009

Lawan Singa



GIRING BOLA : Gelandang Persikaba, Sujono (kanan) menggiring bola dengan kawalan pemain belakang Persinga dalam laga uji coba.


Pemain Cadangan Persikaba Perlu Dipoles

BLORA – Perbedaan kualitas antara pemain inti dan pemain cadangan masih diperlihatkan personel Persikaba dalam pertandingan uji coba melawan Persinga Ngawi di Stadion Kridosono, Rabu (13/5). Tim inti yang diturunkan Pelatih Bonggo Pribadi di babak pertama sukses mencetak tiga gol tanpa balas ke gawang Persinga yang dijaga Aris. Sebaliknya, pemain cadangan yang diturunkan di babak kedua gagal menambah gol kemenangan. Justru tim berjuluk Laskar Sunan Pojok itu kemasukan satu gol yang dicetak striker Ari pada menit ke-80. Di pertengahan babak kedua, gawang Persikaba dijaga Catur Bintara yang menggantikan Tulus Sapmoko.
‘’Perbedaan kualitas pemain di babak pertama dan babak kedua masih nampak. Itu menjadi pekerjaan kami untuk membenahinya,’’ ujar Bonggo Pribadi.
Perbedaan kualitas itu sejatinya bisa ditutup seandainya pemain cadangan tampil ngeyel. Kemenangan 3-0 di babak pertama seakan cukup bagi Persikaba untuk memuaskan publik tuan rumah. Padahal dalam uji coba yang disaksikan Kapolres AKBP R Umar Farouk bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Blora, Bambang Sulistya, manajemen tim tidak menargetkan kemenangan. Yang dikehendaki justru penampilan prima para pemain.
Di dua puluh menit awal babak pertama, pemain Persikaba mendominasi permainan. Beberapa kali kiper Persinga harus jatuh bangun menyelamatkan gawangnya dari serbuan pemain tuan rumah. Mengandalkan variasi serangan dari lapangan tengah yang dihuni Budiana, Haryanto dan Dian Kristanto, para striker Persikaba seakan dimanjakan dengan umpan-umpan matang. Pada menit ke-5, tuan rumah telah unggul 1-0 melalui gol yang dicetak Alamsyah. Empat menit kemudian stiker Arfi Sukmawan menambah keunggulan menjadi 2-0. Namun penampilan cemerlang Arfi harus dibayar mahal. Mantan pemain Persekam Malang itu terpaksa keluar lapangan setelah dadanya diterjang pemain lawan. Ia pun harus menjalani perawatan tim medis. Arfi digantikan Mustari.
Pergantian striker itu tidak menyurutkan pemain Persikaba membombardir daerah pertahanan Persinga yang kini dipersiapkan tampil di Divisi II 2009. Pada menit ke-26, play maker Haryanto menambah skor menjadi 3-0 melalui gol indah yang melalui tendangan melengkung dari luar kotak pinalti.
Timpang
Memasuki babak kedua, kedua kesebelasan mengganti sebagian besar pemain. Di kubu Persikaba, Dian ‘’Jambul’’ Kristanto, Alamsyah, Untung Sudrajat, Sukisno dan Sukarmato ditarik keluar. Mereka antara lain digantikan Heriyanto, Feri, Nugroho Aji, Sujono dan Masturi. Meski tetap mendominasi jalannya pertandingan yang dipimpin wasit Supriyanto, namun pemain tuan rumah tak mampu mencetak gol tambahan. Justru Persikaba dikejutkan satu gol yang dicetak pemain lawan. Persinga berpeluang memperkecil kekalahan setelah Ari lepas dari jebakan offside. Beruntung kiper Catur Bintara berhasil mengeblok tendangan keras Ari yang berada di kotak penalti. Skor 3-1 tidak berubah hingga pertandingan selesai.
Pelatih Bonggo Pribadi menyatakan ia akan memberikan kesempatan pemain cadangan lebih banyak tampil di laga uji coba berikutnya. Itu dilakukan agar kemampuan mereka terasah. ‘’Sangat riskan jika dalam kompetisi Divisi I nanti, ada pemain inti tidak bisa tampil karena cedera atau akumulasi kartu, sementara pemain pengganti tampil tidak seperti yang diharapkan,’’ tandasnya. (H18)

No comments: