27 June 2009

Lawan PSBK



KAWAL : Dua pemain belakang Persikaba membayangi pergerakan pemain PSBK Blitar dalam laga uji coba di Stadion Kridosono, Jumat (26/6)

Persikaba Dapat Pelajaran Pertahanan Ketat

BLORA – Gol semata wayang yang diciptakan striker pengganti, Arfi Sukmawan, cukup membuat Persikaba Blora tak malu di hadapan pendukungnya sendiri. Gol yang dicetak pada menit ke-82 tersebut membawa Laskar Arya Penangsang menang dengan skor akhir 1-0 (0-0) dalam pertandingan uji coba melawan PSBK Blitar di Stadion Kridosono, Jumat (26/6).
Di pertandingan yang dipimpin wasit Suwito tersebut, Persikaba mendapatkan pelajaran berharga. Yakni menghadapi tim yang menerapkan permainan bertahan. Pelatih Bonggo Pribadi harus memutar otak memecah kebuntuan sejumlah peluang yang diperoleh anak asuhnya.
Sejak menit pertama laga, Laskar Arya Penangsang memainkan skuad terbaiknya. Striker Indriyanto Nugroho duet dengan Hariyanto. Gelandang serang Dian Kristanto bertugas menopang penyerangan. Bergantian, kapten Budiana dan pemain sayap kiri Haryanto menyuplai bola ke barisan depan. Hanya, pemain belakang PSBK juga tampil taktis. Kecemerlangan penjaga gawang tim yang dilatih Sunardi C, Mulyono membuat para pemain tuan rumah berulang kali gagal mencetak gol. Indriyanto Nugoro dan Hariyanto dibuat tak berkutik di bawah ketatnya pressing pemain lawan. Meski sudah berhasil melewati pemain belakang lawan, PSBK masih menyisakan penjaga gawang yang tangguh.
Memasuki babak kedua, sejumlah pemain Persikaba diganti. Stopper Sukarmanto yang cedera hidung digantikan Febi Sofi. Striker Arfi Sukmawan masuk menggantikan penyerang Hariyanto. Mantan pemain Persiku Kudus, Bambang Harsoyo diturunkan mengganti Dian Kristanto. Penggantian pemain dengan tenaga yang lebih segar itu ternyata juga belum mampu mempersembahkan kemenangan.
Hingga pada menit ke-82, Arfi yang lepas dari pengawalan pemain belakang lawan berhasil mencetak gol. Dia sebelumnya mendapat umpan matang dari Indriyanto yang di pertandingan kemarin selalu ditempel ketat sejumlah pemain PSBK. Unggul 1-0 tidak membuat para pemain tuan rumah puas. Budiana dan kawan-kawan lebih bersemangat mencetak gol. Namun PSBK yang cenderung menerapkan permainan bertahan, sulit ditembus pemain Persikaba. Skor 1-0 tidak berubah hingga wasit menyudahi pertandingan.
’’Penampilan Persikaba sudah cukup bagus, meski hanya mampu mencetak satu gol,’’ ujar Manajer Persikaba Amin Faried.
Kemenangan tipis tersebut seharusnya menjadi pelajaran bagi tim Persikaba untuk menyiapkan diri lebih baik lagi sebelum tampil di Divisi I yang menurut rencana dimulai 19 Juli. Sebab ketika bertemu kesebelasan sesama Divisi I dari Jawa Timur, Persikaba tak mampu menang telak. Di laga uji coba sebelumnya Laskar Arya Penangsang hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Persedikab Kabupaten Kediri. Sementara ketika bertemu sesama tim asal Jateng, Budiana dan kawan-kawan menang lebih dari dua gol, seperti saat uji coba melawan PSCS Cilacap. (H18)

No comments: