15 August 2009

Takluk



KAWAN LAMA : Striker Persikaba Indriyanto Nugroho (kanan) dikawal Kahudi wahyu dan satu pemain Pro Duta lainnya dalam pertandingan uji coba di Stadion Kridoso, Jumat (14/8). Blora kalah 1-2.


Kalah Mental


BLORA – Setelah memenangi setiap laga uji coba, Jumat (14/8) Persikaba Blora untuk kali pertama takluk dari lawannya. Musuh yang dihadapi kualitasnya setingkat di atas tim Arya Penangsang. Budiana dan kawan-kawan menyerah 1-2 (1-0) menghadapi tim Divisi Utama Pro Duta di Stadion Kridosono.

Dua pemain asing Pro Duta yang dimasukan di babak kedua, Morrys A Bayour dan Tarik El Janaby memberi andil besar bagi kemenangan timnya. Morrys yang juga mantan pemain Persibo merupakan tembok kokoh yang sulit ditembus Indriyanto Nugroho. Sementara Tarik yang juga bekas pemain PKT Bontang kerap menyuplai bola-bola matang kepada barisan depan Pro Duta. Dua gol kemenangan tim yang kini ber-home base di Yogyakarta itu diborong striker Eka pada menit ke-64 dan 85.

Di awal babak kedua, tim tamu mengganti sebagian besar pemainnya. Tim tuan rumah sempat leading di babak pertama setelah kapten Budiana mencetak gol dari titik putih penalti, menit ke-29.

Meski tampil di kandang lawan, Kahono Wahyu dan kawan-kawan tampil dominan sejak menit awal pertandingan yang dipimpin wasit Suwito dimulai. Memanfaatkan keunggulan kualitas individu pemain dan kolektifitas tim, beberapa kali penyerang Pro Duta mengancaam gawang Persikaba yang dikawal Tulus Sapmoko. Laskar Arya Penangsang berupaya mengimbangi serangan juga dari kaki ke kaki. Pemain Blora, Deni Rumba yang berhasil menusuk dari rusuk kiri pertahanan Pro Duta membawa bola seorang diri hingga ke kotak penalti. Dorongan pemain belakang lawan membuat mantan pemain PSIS Semarang itu terjatuh. Wasit pun memberikan hadiah tendangan penalti bagi tuan rumah. Kapten Budiana menjalankan tugas eksekusi bola dengan baik.

Memasuki babak kedua, pelatih Pro Duta Kostadin A (Bulgaria) mengganti sebagian besar pemainnya. Tarik menggantikan satu pemain asing lainnya Evandro. Sementara Kahono Wahyu diganti Morrys. Pemain muda mantan punggawa Timnas U-23 Mitchel Nere juga dimasukan. Dengan tenaga yang lebih fresh dan skill individu yang mumpuni, peman Pro Duta menguasai jalannya pertandingan. Beberapa kali Tarik menusuk jantung pertahanan Persikaba yang dikoordinir Nugroho Adriyanto. Umpan dari kaki ke kaki yang diperagakan pemain lawan beberapa kali mengancam gawang Blora. Puncaknya pada menit ke-64. Eka yang lepas dari pengawalan pemain Persikaba sukses memperdaya kiper Tulus Sapmoko. Skor berubah 1-1. Tim tuan rumah berupaya bangkit dengan beberapa kali melakukan penyerangan. Hanya serangan itu kerap gagal sebelum sampai di depan gawang. Pro Duta menambah gol pada menit ke-85. Sama seperti yang pertama, gol kedua lahir dari umpan kaki ke kaki. Stiker Eka melihat celah mengangga di pertahanan Blora. Padahal tiga pemain Blora masih berdiri di daerah pertahanan. Tendangan keras pemain nomor punggung 9 itu tak mampu dijinakan Tulus Sapmoko.

‘’Tim kami bisa mengimbangi permainan lawan di babak pertama. Serangan maupun bertahan sudah bagus. Hanya nampaknya di babak kedua Pro Duta memainkan tim inti. Pemain kami kalah mental. Padahal sesungguhnya jika tampil lepas, anak-anak bisa mengimbangi permainan tim lawan,’’ ujar Pelatih Persikaba Bonggo Pribadi usai pertandingan.

‘’Beberapa pemain asing kami baru mengikuti seleksi. Terserah coach apakah akan direkrut atau tidak,’’ kata Wanderley, asisten pelatih Pro Duta. (H18)

No comments: