15 November 2008

Kumpulkan uang

Kumpulkan Dana untuk Menggelar Liga Persikaba

BLORA – Desakan sejumlah pemerhati dan klub sepak bola di Blora agar Liga PSSI (dulu Liga Persikaba) digelar tahun ini, mendapat respon dari Pengcab PSSI Blora. Rabu (12/11) malam, pengurus mengundang rapat sejumlah perwakilan klub dan pihak-pihak yang menginginkan dilaksanakannya Liga PSSI. Hasilnya, kompetisi tahunan di tingkat lokal itu akan tetap digelar namun dengan syarat dana harus terkumpul lebih dulu.
Koordinator Forum Komunikasi Klub Sepak Bola di Blora, Siswanto mengungkapkan berdasarkan hasil rapat, setidaknya dibutuhkan dana Rp 20 juta untuk menggelar Liga PSSI. Dana tersebut akan digali dari para donatur. Itu dilakukan karena keuangan PSSI telah habis, bahkan menyisakan hutang cukup banyak. Menurutnya dalam pertemuan yang berlangsung di rumah Bendahara PSSI Blora, Kunto Aji, Rabu (12/11) sejumlah pihak berinisiatif mengumpulkan dana awal sebesar Rp 3 juta. ‘’Dalam waktu maksimal sepuluh hari, dana sebesar Rp 20 juta harus terkumpul, jika menghendaki Liga PSSI digelar di bulan Desember atau bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora,’’ ujarnya kemarin.
Amin Farid, salah seorang pemerhati sepak bola di Blora mengatakan, dirinya ditunjuk untuk mengkoordinir pengumpulan dana. Mantan asisten manajer Persikaba 2008 itu menyebutkan dirinya ikut hadir dalam pertemuan bersama Pengcab PSSI Blora. Menurutnya para pecinta sepak bola di Blora menghendaki even tahunan Liga PSSI tetap dilaksanakan tahun ini. ‘’Kami berupaya semaksimal mungkin agar dana yang dibutuhkan dapat terkumpul sesuai waktu yang diberikan,’’ tandasnya.
Menurutnya Liga PSSI merupakan ajang pembinaan pemain. Jika liga ditiadakan maka akan memutus tali rantai pembinaan pemain sepak bola di Blora. ‘’Liga PSSI selama ini rutin diadakan setiap tahun. Klub-klub telah menyiapkan pemain cukup lama untuk mengikuti Liga PSSI,’’ katanya.
Bendahara PSSI Blora, Kunto Aji memahami keinginan klub dan para pencinta sepak bola tersebut. Hanya dia menyatakan keuangan PSSI Blora sudah habis digunakan membiayai keikutsertaan Persikaba di Divisi II 2008. Bahkan menurutnya PSSI menanggung hutang cukup banyak, yakni mencapai Rp 500 juta.
Kunto Aji mengemukakan, salah satu cara agar Liga PSSI tetap dilaksanakan tahun ini, adalah dengan mengumpulkan dana dari para donatur. Pihaknya telah memasrahkan pencairan dana itu kepada Amin Farid. ‘’Mudah-mudahan saja dananya bisa diperoleh sesuai waktu yang ditentukan,’’ ujarnya. (H18)

No comments: