22 February 2008

Pembagian Grup


IMBANG : Pemain sayap kiri Persikaba, Widodo Lestari (kanan) berupaya menggiring bola ke daerah pertahanan Perseta Tulungagung Jatim dalam pertandingan Divisi III 2006. Laga tersebut berakhir imbang, 1-1.


Persikaba di Grup Berat

BLORA – Langkah Persikaba mengarungi Kompetisi Divisi II tahun ini diperkirakan tidak akan berjalan mulus. Keinginan sebagian pecinta sepak bola agar Laskar Sunan Pojok lolos ke Divisi I tampaknya berat untuk direalisasikan. Selain karena hingga kini manajemen belum ditetapkan sehingga menyebabkan terkendalanya pembentukan tim, Persikaba juga berada satu grup dengan tim-tim tangguh. Kualitas pemain yang bagus menjadi syarat mutlak untuk memenangi setiap pertandingan.
‘’Pembagian grup Kompetisi Divisi II kali sangat tidak menguntungkan Persikaba. Laskar Sunan Pojok harus bentrok dengan tim-tim dari Jatim yang selama ini dikenal bagus,’’ ujar Amin Farid, salah seorang pemerhati sepak bola Blora.
Sesuai dengan pembagian grup yang diputuskan Badan Liga Amatir (BLA) PSSI, Persikaba berada di grup di Grup 5B bersama Persika Karanganyar (Jateng) dan tiga kesebelasan dari Jatim yakni PSBK Blitar, Persam Mojokerto dan Persepam Pamekasan. Sedangkan kesebelasan dari Jateng lainnya seperti Persipa Pati, berada di Grup 4B bersama PSISa Salatiga dan Persigar Garut serta Persitas Tasikmalaya (Jabar). Persibas Banyumas dan PSCS Cilacap berada di Grup 5A dengan Persika Karawang dan Persikas Subang (Jabar) serta Persekam Kabupaten Malang (Jatim). Kompetisi juga diikuti sejumlah kesebelasan dari seluruh provinsi di Indonesia. Jumlahnya sebanyak 64 kesebelasan. Sistem pertandingan yang digunakan kompetisi penuh.
Amin Farid mengatakan kekuatan tim dari Jatim tidak bisa dianggap remeh. Dia mencontohkan, tahun lalu PSBK Blitar meraih juara pertama Kompetisi Divisi III Nasional. Sedangkan Persam Mojokerto juara ketiga. Berdasarkan pengamalan Divisi II tahun sebelumnya, dua kesebelasan di peringkat atas di setiap grup bakal lolos ke babak berikutnya sekaligus memastikan diri melangkah ke Divisi I. ‘’Jika ingin lolos ke Divisi I, Persikaba harus bisa mengalahkan PSBK dan Persam dan kesebelasan lainnya di Grup 5B. Padahal hal itu tidak mudah. Saya mendengar tim-tim dari Jatim sudah sejak lama menyiapkan diri mengikuti Divisi II. Sementara Persikaba belum,’’ katanya.
Ketua Bidang Kompetisi dan Pembinaan Pemain Pengcab PSSI Blora, Wahono menyatakan Persikaba berada di grup berat. Dia mengakui kesebelasan dari Jatim mempunyai kualitas yang bagus. Hanya saja, kata Wahono, keberhasilan satu kesebelasan tidak hanya diukur dari kualitas pemain, melainkan juga faktor lain. ‘’Dengan kekompakan tim, semangat pantang menyerah dan dukungan warga Blora, kami tetap optimis Persikaba bisa berprestasi,’’ tandasnya.
Menurutnya pengurus sudah berkomitmen tahun ini prestasi Laskar Sunan Pojok harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. ‘’Target lolos ke Divisi I tidak bisa ditawar lagi. Oleh karena itu kami akan menunjuk manajer yang komitmennya sama dengan pengurus,’’ tandasnya. (H18)

Grafis :

Pembagian Grup Kompetisi Divisi II 2008

Grup 4B
Persipa Pati
PSISa Salatiga
Persigar Garut
Persitas Tasikmalaya

Grup 5B
Persikaba Blora
Persika Karanganyar
PSBK Blitar
Persam Mojokerto
Persepam Pamekasan

No comments: